DI PANEN SIAM MADU SYAMSIR BANTAH TIDAK ADA KERISIS PADI DI KALSEL


mediapublikk.com, Batola

 Kecamatan jejangkit desa sampurna  kamis 3/11/2022 jadi perhatian utama bagi Kepala Dinas (TPH ) tanaman pangan holtikultura Kalsel Ir Syamsir Rahman yg mengatakan untuk penen kali ini jenis beras yang dipanen adalah Siam madu.

Kita lihat sendiri semangat petani di desa sampurna kecamatan jejangkit kabupaten Barito Kuala ini luar biasa, .Menteri, Gubernur dan juga  Bupati .melakukan  perjuangan yg tidak ada henti oleh petani . Kalau ada yang menyatakan bahwa padi kt itu krisis itu tidak benar pada kondisi seperti ini dr dulu tidak ada panen di bulan November Dan Desember.

sekarang kita bisa panen kita bs membuktikan bahwa ketahanan pangan kita di Kalimantan Selatan itu terjamin dan kt mempunyai stok sangat banyak jadi ini perjuangan petani dan juga dari kawan kawan dinas kabupaten Barito Kuala mereka tetap mengawal

hari ini kita penen bersama bagaimana kita rasakan gembira yg juga di hadiri dari anggota dewan dr provinsi dan kabupaten serta Bulog

kemudian Untuk penyandang dana kt butuh dana dari bank kalsel juga ada jadi apa lg yg kurang hari ini setelah kita panen kita ketemu dengan petani kita dengar kan mereka mau apa itu lah bentuk pengawalan kt.

kemudian yg seperti ini di daerah lain ada yang terserang tungro tapi di sini tidak. Karena ini mampu pergantian parites itu menjadi salah satu solusi tadi juga kt bincang bincang dengan anggota dewan dr provinsi Kalimantan Selatan komisi ll Karlie Hanafie Kalianda SH.MH nanti kt bs alih ke daerah yg untuk parites  yg ada sehingga para petani jangan sampai parites yg itu itu terus kalau parites yg jenis siam terus nah itu mudah di serang tungro. 

Jika ada kekurangan nya nanti kt perhatikan tata kelola air pertanian itu tidak bisa sendiri di bantu dengan infrastruktur. di harapkan Syamsir Rahman pupr pengairan tolong bantu siapa yg mampu bertahan pada saat seperti ini kemaren pada saat covid skrng pada saat implasi kedepan pada masa reses hanya sektor pertanian yg mampu bertahan kenapa. 

karena kt tidak bisa berhenti berbuat sampai hr kiamat ujar Syamsir yg lain tidak ada yg bisa jadi tolong bantu baik dr pemerintah Pusat kita provinsi mau pun kabupaten kita harus bergandengan, anggaran disektor pertanian tidak boleh kecil jadi saya berteriak seperti ini karna kita tau  petani mereka  tidak tau mengenal resesi mereka tidak mengenal implasi dan tidak tau covid 19 mereka tetap menanam yg di kota kota aja yg ribut mereka tetap menanam ucap Syamsir. 

Di tempat terpisah kepala dinas pertanian holtikultura kabupaten Barito Kuala Hj.Murniati mengatakan peningkatan produksi padi terus di lakukan , salah satu nya desa sampurna kecamatan jejangkit melalui program ( IP )indek pertanian yakni dari panen pertama menjadi dua tiga bahkan menjadi 4 kali dalam setahun nya.***MHD

0 Komentar