Desa Anjir Muara Kota Tengah Barito Kuala 2023 Merencanakan Pembersihan Handil


Mediapublik.com Batola 

Pembersih sungai/handil dari rumput liar oleh para petani sangat dibutuhkan. Mengingat sawah pertanian masyarakat perlu kelancaran sirkulasi air, baik air pasang maupun air hujan.

 Sehingga hasil produksi pertanian dengan lancarnya peputaran air persawahan, diharapkan akan meningkat. Kepala Desa Anjir Muara Kota Tengah Nasrudin kepada wartawan mediapulik.com menjelaskan, untuk pembersihan memang sangat perlu, sabtu 10/12/2022. 

Menurut Nasrudin sebelumnya setiap tahun dilakukan pembersihan dalam istilah warga setempat disebut tatakan Sungai dilakukan oleh Dinas PUPR Bidang pengairan. 

Namun beberapa tahun terakhir ini tidak pernah ada lagi realisasi nya dan pemberitahuan terkait program tersebut. Apakah masih ada program tersebut atau tidak ada dari Kabupaten, bila memang sudah tidak ada lagi pihaknya akan menganggarakan tahun depan. 

Sehingga berinisiatif merencanakan pembersihan dengan mengalokasikan anggaran desa. Nasrudin menyebutkan, setiap handil yang dibersihkan panjang sekitar 200 depa dan  jumlah handil terdapat 5 buah handil  yang akan dibersihkan itu meliputi handil dahlan, lijis, ketapi, pematang  1 dan 2, ujar Nasruddin

(hafrud).

0 Komentar