PENYESUAIAN UPAH BONGKAR MUAT DIPELABUHAN TRISAKTI BANJARMASINN ANTARA TKBM DAN APBMI DIL

 

Banjarmasin: Mediapublik.com

Hampir sepanjang 8 tahun lamanya masalah upah TKBM diwilayah pelabuhan Trisakti Banjarmasin tidak mengalami kenaikan. Pada hal harga BBM,  komoditas dan kebutuhan lainnya setiap tahun terus mengalami kenaikan harga.

Bermuara dari persoalan tersebut, para anggota berjuang melalui koperasi TKBM Samudera Nusantsra Banjarmasin untuk menyesuaikan upah tkbm dipelabuhan Trisaksi kepada APBMI sebagai pengusaha jasa tkbm dilingkungan pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Atas perjuangan untuk penyesuaian upah tkbm dengan duduk bersama antara koperasi tkbm Samudera Nusantara Banjarmasin bersama apbmi telah disepakati dan terjadi dil penyesuaian upah dimaksud.

Ketua Koperasi TKBM Samudera Nusantara Banjarmasin Muhammad Nor diruang kerjanya kepada wartawan mediapublik.com jum'at 11/8/23 menyebutkan, penyesuaian upah dimaksud telah disetujui dan DIL.

Terkait besaran kenaikan upah tergantung komoditinya ada 5 persen, dan 10 persen. Maka dengan adanya kenaikan upah tersebut disambut suka cita para anggota Koperasi TKBM.

Namun saat ini pihaknya  dilapangan juga ada kendala dan ada perbedaan terkait kegiatan tarif dan upah bongkar pupuk dan semen yang dinilai masih kecil. Maka dilakukan negosiasi oleh tkbm dengan pihak anggota apbmi dan ada persetujuan dan sekepakatan  kenaikan upah 10 persen.

 Sayangnya belum terlaksana karena dinilai oleh APBMI belum ada pembicaraan, seolah" pihak APBMI dibelakangi tanpa diberi tahu. Pada hal tegas Muhammad Nor kalau sudah  berlaku akan dilaporkan ke apbmi. Namun pihak apbmi saat ini salah satu pengurusannya yakni bendahara masih menjalankan cuti izin maka pihaknya belum bisa melaporkan.

Muhammad Nor menyebut hal demikian oleh APBMI hanya alasan klasik, dalam menunda" kenaikan tarif dimaksud.

Muhammad Nor menambahkan, setelah hal tersebut terlaksana, maka pihaknya akan mengusulkan kenaikan tarif Batubara sigel dan kren ploting untuk pekerjaannya di kembalikan ke tkbm.

Kalau ke 2 jenis tersebut terlaksana maka pihaknya akan berupaya meningkatkan kesejahteraan para anggota dengan membangun perumahan bagi anggota. Sebab selama ini ada sebagian anggota belum ada memiliki rumah sebagai tempat tinggal yang layak huni.

Disinggung terkait memeriahkan proklamasi kemerdekaan ke 78, koperasi tkbm Samudera Nusantara Banjarmasin tegas Muhammad Nor akan mengadakan lomba domino dan lomba perahu dayung untuk kalangan interen tkbm di Basirih Sungai Martapura, sekaligus mencari bibit" khusus dari TKBM, pungkasnya.

Jurnalis.    : hafrud

0 Komentar