Sosialisasi Deteksi Dini Konflik Sosial Di Kecamatan Candi Laras Utara (CLU)

Mediapublik.com Rantau Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tapin melalui Bidang  Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik kembali melaksanakan sosialisasi deteksi dini dan cegah dini konflik sosial kepada masyarakat kecamatan Candi Laras Utara, bertempat di Aula kecamatan setempat, Senin (20/05).

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Tapin H Yamani SAK MM, Ketua FKDM Tapin H Misran, Sekretaris DPRD Tapin Noor Ifansyah SKM MM, Kepala Badan Kesbangpol Tapin Hj Aulia Ulfah SE MM yang sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan dihadiri Camat CLU H Mukhadi, Danramil Kapolsek danHelda Yuliana SH Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesbangpol Tapin beserta jajaran.

Berhadir sebagai peserta, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, Pengurus FKDM Kecamatan CLU.

Seperti yang diutarakan Kepala Badan Kesbangpol Tapin Hj Aulia Ulfah, kegiatan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada bahwa kewaspadaan terhadap gejolak yang terjadi dimasyarakat harus dilaksanakan sejak dini.

"Setiap gejolak yang mungkin terjadi di masyarakat wajib cegah, nah disini peran masyarakat hadir, jika ada informasi sekecil apapun terkait adanya gangguan harus dilaporkan mulai dari tingkat RT dan kepala desa sampai pihak yang berwenang demi menjaga situasi aman dan kondusif di wilayahnya masing-masing," paparnya.

Seperti yang diutarakan Hj Aulia Ulfah, dilaksanakan kegiatan sosialisasi didasari pada peraturan menteri dalam negeri No.49 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri No.2 tahun 2018. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat mampu mendeteksi secara dini tentang gangguan dan ancaman keamanan atau hal - hal yang berpotensi menjadi konflik.

Melalui pendekatan tersebut masyarakat mampu melakukan tindakan preventif sehingga keamanan dan ketertiban di kecamatan Hatungun, kabupaten Tapin dapat terjaga, peserta diharapkan mampu mendeteksi potensi - potensi yang menimbulkan gesekan ditengah masyarakat, sekaligus dapat melakukan upaya untuk mengantisipasi terjadinya konflik.

"Serta diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian dari diri sendiri dan lingkungan dan upaya mencegah tersusupnya paham - paham radikal," tandasnya.

"Dengan adanya pemahaman yang diberikan kepada masyarakat, kegiatan ini sekaligus untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya penanaman konflik sosial. Dengan sosialisasi ini tentu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyikapi setiap permasalahan dan peran serta masyarakat dalam menciptakan kondusifitas wilayah," jelasnya.

Sementara itu Camat Hatungun CLU H Mukhadi SSos menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Badan Kesbangpol Tapin dalam rangka mencegah terjadi konflik sosial sedini mungkin di kecamatan Candi Laras Utara.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan tidak ada konflik yang terjadi di tengah - tengah masyarakat. Sehingga jika ada kejadian yang bisa membahayakan kesatuan NKRI, bisa secara dini kita selesaikan dan kita filter agar tidak meluas," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mukhadi mengajak masyarakat agar dapat memfilter diri masing - masing, baik itu organisasi yang ada di desa - desa agar bisa mengetahui secara dini apa yang menjadi sumber konflik dan bisa segera tertangani...( Arsyad)


Editor : Mahdi 

0 Komentar