Gubernur Kalsel bersama Kemenag. Menutup MTQ XIII


Mediapublik.com,  Banjarbaru

Gubernur Kalimatan Selatan  (Kalsel) H. Sahbirin Noor yang akrap disapa Paman Birin bersama Wakil  Kementrian Agama (Kemenag)  RI, di Astaka Utama Kiram Park Banjarbaru Selasa (18/10) malam hari menutup Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  Nasional ke XIII di Kalimantan Selatan.

Dimalam Penutupan tersebut pada akhir acara ditandai dengan Letupan Mercon  kembang api yang menghiasi angkasa disekitar tempat acara serta ligting lampu hias warna warni  dan lampu  sorot menambah kemeriahan rangkaian acara berakhir begitu indahnya.

Gebernur Kalsel dalam sambutannya mengatakan pelaksanan MTQ ke 13 alahamdulilah berjalan dengan lancar. Malam ini telah tiba saat nya untuk mengakhiri MTQ d kalsel, atas nama rakyat Provinsi Kalsel mengucapakan terimakasih yang tak terhingga.

Menteri agama melalui Wakilnya  Acara penutupan yang digelar malam tersebut, turut mendapat pujian dari Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi.

Kalsel dinilai sukses menjadi tuan rumah penyelenggara festival keagamaan Islam tingkat nasional di tahun ini.

“MTQ Nasional ke-29 di Kalsel alhamdulillah berjalan sukses, lancar dan kondusif. Kami terima kasih kepada Gubernur Kalsel atas kesiapan dan kesigapan dalam ajang MTQ ini,” katanya

Ketua Umum LPTQ Profesor dr H Kamaruddin Amin, MA  berucap   MTQ 2022 merupakan event ke 29, tahun 2022  , momen akbar 2 tahun ini sebagai kebanggan Indonesia.

Tahun ini statistik kejuaraan semakin membaik hal ini ditunjukkan dengan semakin meratanya hasil kejuaraan ini mengindikansikan pemerataan Sumber Daya Manusia dibidang Al Qur, an menunjukkan angka menggembirakan juga dalam upaya membuka kepesertaan Disabilitas.

Perhelatan MTQ ini juga diikuti masyarakat umum dari TNI , POLRI Pelaksanaan MTQ  juga dimeriahkan dengan expo secara nasional diikui  190 peserta UKM BUMD dan organsiasi serta  disediakannya  kuliner festival halal food, tutur Kamaruddin.

Tak kalah menarik enaknya didengar dipertengahan acara sempat dilantunkan 4 orang Qori terbaik melantunkan  Al Qur,an  dengan merdunya.

Selanjutnya Ketua Dewan Hakim Profesor DR Said Agil Munawar membacakan Para Pemenang Lomba MTQ XIII  yang diikuti 2768 kafilah selama 6 hari gelaran Lomba MTQ  pada 12 titik kegiatan di Tiga Kota yakni Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin,

Adapun yang berhak menyandang Predikat Juara dalam Ranking perolehan nilai secara umum dalam  RANGKING 10 Besar MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 Ranking 1)  Jawa Timur nilai  87,  2) DKI Jakarta 66, 3). Kalsel 62, 4). Jawa Barat 43 5). Sumbar 35, 6). Sumut 22, 7).  Kepri 20, (8). Aceh  dan Sumsel 12,  (9) Jambi 8 (10) Jateng 7.

Malam Puncak Ceremony penutupan para Kafilah , undangan  pengunjung ditutup dengan hiburan   Performance  Tampilan Artis Wali Band.(Daus)

0 Komentar