AMNUS Banjarmasin Satu Satunya Akademi Maritim di Kalimantan akan ditingkatkan mejadi Prodi S1


mediapublik.com, Banjarmasin

Pelaksanaan Yudisium sekaligus Pengukuhan 85 orang Taruna Taruni Akademi Maritim Nusantara (AMNUS) Banjarmasin hari ini dapat dilaksanakan  setelah mereka menempuh pendidikan selama 3 tahun memperoleh gelar  sebagai Ahlimadiya Perwira  Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.

Demikian dikatakan Capt.  dr.much Nurdin SH. (19 /11) pada awak media ini di loby  Kampus  AMNUS   jalan  Gatot Subroto Banjarmasin .

Sebagai Ahlimadiya Perwira  pelayanan niaga Untuk administrasi , mereka di didik untuk menjadi sumber daya putra putri daerah Kalimantan Selatan ini sebagai sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni diprediksi  berdasarkan analisa atau pun yang ada dari  biro statistik maupun dari kesahbandaran atau pun dari Pemprov. Kalsel bahwa peningkatan dunia Maritim di Kalimantan Selatan itu akan meningkat.

Oleh karna itu AMNUS adalah satu satunya pendidikan Maritim yang menyediakan SDM  untuk tingkat tinggi yang ada di Kalimantan Selatan. Jadi  kita memang berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan tenaga kerja di bidang kemaritiman  khususnya Kalimantan Selatan.

Alhamdulillah dari 85 Taruna Taruni  lulusan yang di Yudisium hari ini,  50 % nya  mereka sudah  bekerja di Perusahaan seiring keikut sertaan mereka dalam  program MBKM yakni  mereka belajar di kampus  selama 9 bulan,  kurang lebih 1 semester selebihnya di lanjutkan dengan proda.

Jadi mereka  dengan  memilih waktu yang lama itu akhirnya mereka familiar dengan perusahaan tersebut dan tugas tugasnya dan mereka menjaga ettitut yang baik , akhirnya mendapatkan kepercayaan dari perusahaan untuk kembali lagi bekerja.

Kedepan seiring kemajuan dunia Pendidikan dan permintaan kebutuhan kerja. AMNUS  segera menambah Program Studi (Prodi)  baru, karna di Kalimantan ini sangat di perlukan Untuk tenaga SDM kemaritiman.

Selama ini AMNUS banyak menerima Taruna Taruni dari luar pulau Kalimantan, kedepan AMNUS berupaya  semaksimal mungkin dapat menerima Taruna Taruni dari Kalimantan Selatan (Kalsel) .

Mudahn mudahan  seluruh pelajar terutama dari SMA,  STM maupun Pesantren atau pun yg setingkat dengan SMA mereka bersama sama mau membangun dunia Maritim di Kalsel yang memiliki  peluang cukup besar untuk bkerja. 

Ditempat sama Ketua Umum Yayasan YASPRINDO Capt. Yohan Paul Barkey mengatakan  AMNUS berkeinginan untuk mengembangkan Pendidikan kemaritimaritiman yang  istimewa di Kalimantan.

Kini AMNUS lagi mengurus Program studi (Prodi) untuk mendapatkan Prodi S1 dalam pendidikan ke pelabuhannan dan niaga pelayaran. Keinginan kuat ini dilatar belakangi bahwa  Kalimantan ini adalah pulau seribu sungai.

Sementara  itu Banyak aktivitas kapal kapal yang keluar masuk Kalimantan khususnya Kalsel yang melakukan angkutan tadinya  kayu kemudian menjadi batu bara, sembako dan lainnya.

Generasi muda di Kalimantan ini bukan hanya sebagai penonton,  saat ini banyak potensi anak-anak Kalimantan memiliki kemampuan intelektualnya  tidak kalah dengan SDM di Pulau Jawa. AMNUS ini sebagai satu satunya pendidikan  kemaritiman pada strata Akademi ujar Capt Yohan selalu mempunyai kedekatan dalam  mengembangkan  potensi di mana prodi prodi yang masih jarang SDM nya tersedia.

Otomatis perusahaan perusahaan pelayaran,  ke pelabuhanan,  ekspedisi sangat   membutuhkan SDM yang yang baik  dari  lulusan lulusan AMNUS  ini, ujar  Capt Yohan.

Menyinggung Digitalisasi dalam dunia kerja, AMNUS pun menjawab hal itu dengan mendorong Taruna Taruni untuk memperluas pengetahuan wawasan Informasi Teknologi yang disediakan dunia digital baik melalui Goegle maupun media lainnya. Tak hanya itu AMNUS pun melengkapinya dengan membangun Laboratorium Bahasa.

Diharapkan dengan penguasaan Bahasa seperti Bahasa Asing itu, maka Taruna Taruni dapat melakukan komuniksi dengan baik dalam upaya mendukung dunia kerja itu menjadi lebih efisien dan efektif, jelas Capt. Yohan. (Mahdi)

0 Komentar