Jalan Tatah Amuntai Rusak Parah Perlu Perhatian Pemerintah

 


Mediapublik.com  kabupaten Banjar 

Kondisi jalan Tatai Amuntai Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan rusak parah dan memprihatinkan. Sebab jalan Tatah Amuntai tersebut, merupakan akses jalan satu satunya bagi siswa SMKN 1 Kertak Hanyar dan SDN Pasar Kamis untuk menuju ke sekolah.

Dari Pantauan wartawan mediapublik.com online di lapangan jalan tersebut, juga merupakan akses lintas 3 desa dan 1 kelurahan Kecamatan Kertak Hanyar. Meliputi desa Sungai Lakum, Pasar Kamis, Banua Hanyar dan kelurahan Mandasari. Sehingga akses jalan selain dilalui para anak sekolah, juga warga setempat terganggu, kamis (23-2-23).

Selain jalan tersebut rusak parah juga terdapat 5 buah jembatan yang hampir roboh. Kendati ada inisiatif warga memperbaiki menutup lubang dengan batu splet, namun datang hujan kembali tertendam air dan terkikis hancur lagi.

Kondisi jalan yang parah dan tidak tersentuh perbaikan oleh pemerintah Kabupaten maupun Propinsi itu, sebenarnya dikeluhkan warga setempat sudah cukup lama. Namun tidak mendapat respon dan bahkan menjadi pembiaran.

Jalan yang rusak parah diperkirakan sepanjang 2,5 kilometer, dan dirasakan warga sudah berlangsung cukup lama hampir 5 tahun. Kemudian yang parah adalah setahun terakhir ini. Sering anak sekolah dan dewan guru juga warga sering terjadi jatuh berkendaraan. Karena saling menghindari dari gobangan yang tertutup air.

Seharusnya karena jalan Tatah Amuntai selain dilalui anak sekolah, juga banyaknya komplek pemukiman baru oleh masyarakat yang tembus ke jalan Lingkar atau jalan Tol, setidaknya menjadi prioritas dan perhatian pemerintah.

Namun sangat disayangkan perhatian pemerintah apakah kewenangan Kabupaten maupun propinsi belum tersentuh. Bahkan pemerintah terkesan memprioritaskan pada jalan poros utama yang nampak didahului dan jalan Tatah Amuntai terlupakan.

Wartawan mediapublik.com ketika melakukan konfirmasi ke pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini DINAS PUPR, adalah tanggung jawab Propinsi. Karena ada akses jalan ke SMKN 1 Kertak Hanyar pengelolaannya Propinsi. Begitu sebaliknya saling lempar tanggung jawab terkait perbaikan yang di hajatkan warga untuk perbaikan jalan poros Tatah Amuntai. (hafrud).

0 Komentar