Tugu Pancasila KM 17 Gambut Terkesan Tak Di Rawat


Kabupaten Banjar mediapublik.com

Keberadaan monumen Pancasila atau dikenal masyarakat sebagai tugu Pancasila, terletak di jalan A.Yani kilometer 17 atau bundaraan penempatan jalan Gubernur Syarkawi Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan terkesan kurang dirawat. Pada hal lokasinya berada dilintas jalan Nasional atau jalan negara propinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan pantauan wartawan mediapuik.com dilapangan kamis (23-2-23), tugu yang menjadi kebanggaan masyarakat banua itu, terkesan tidak diperhatikan dan tidak dirawat pemerintah dalam hal ini Kabupaten Banjar.

Memang ada beberapa bagian dulu dilakukan perbaikan dalam bentuk pemeliharaan adalah pengecetan, itupun tidak semuanya tapi hanya bagian yang sudah kusam saja. Pada hal keberadaan tugu yang hampir berusia belasan tahun tersebut, sering dijadikan begrown bagi kaum melineal untuk sekedar berfoto atau selfi.

Sejatinya pemerintah dalam hal ini Kabupaten Banjar, memperhatikan tugu Pancasila tersebut yang memiliki nilai sejarah agar direnovasi dan diperbaiki. Sehingga keberadaan tugu tersebut, masyarakat yang  melintasi nyaman dilihat.

Berdasarkan pengamatan disejumlah titik diwilayah Kabupaten Banjar, banyak ruang publik tidak terawat sebut saja taman batas kota antara Banjarmasin dengan wilayah kabupaten Banjar. Kemudian median jalan dan saluran Sungai kiri kanan sepanjang jalan a.yani banyak tersumbat sehingga mengakibatkan banjir. Tentunya hal" seperti inilah yang perlu menjadi perhatian pemerintah, walaupun bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

Diakui memang perbaikan dan pemeliharaan oleh pemerintah dilakukan, tapi masih terfokus pada peningkatan jalan poros utama atau jalan Nasional itupun oleh propinsi dan pusat. Sedangkan untuk pembangunan dan pemeliharaan porsi Kabupaten sangat minim.

Dalam beberapa minggu terakhir ini dilokasi persis di tugu Pancasila oleh Kemenhub sub terminal 17 Gambut, telah dibuatkan lampu pengatur didalam pengaturan lalulintas. Ini menandakan kepedulian pihak Kemenhub terkait ketertiban berlalulintas sangat tinggi dan perlu didukung. Maka Pemkab Banjar juga perlu memfasilitasi dalam melakukan perbaikan.

Salah seorang warga sekitar Gambut Kabupaten Banjar Budiman ketika diminta komentarnya, menyesalkan kurangnya perhatian pemerintah dalam peningkatan infrastruktur. Setidaknya pemerintah tanggap didalam menindaklanjuti sorotan dan keluhan warga masyarakat, terkait pemeliharaan dan peningkatan terhadap sarana dan prasarana termasuk ruang publik.

Sehingga pihaknya ujar Budiman mengingatkan agar kedepannya patut menjadi perhatian pemerintah dan segala yang diutarakan masyarakat bisa direspon dengan baik dan direalisasikan. (,hafrud).-

0 Komentar