PELUNASAN BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (BIPIH) 2023 DIPERPANJANG HINGGA 12 MEI 2023

 


Banjarmasin: Mediapublik.com

Kuota haji untuk Kalimantan Selatan pada musim haji 2023 sebanyak 3818 orang. Kemudian untuk kloter pertama akan diberangkatkan pada tanggal 29 mei 2023 dan sehari sebelumnya sudah masuk asrama haji Landasan Ulin Banjarbaru.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan dr Drs H.Muhammad Thambrin M.Mpd kepada wartawan di Banjarmasin mengatakan, untuk pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) hingga pada tanggal 9 Mei 2023 tercatat untuk non cadangan 3309 orang, dan cadangan 261 orang total menjadi 3570 orang atau sekitar 90 persen, selasa 9/5/23.

Belum terpenuhinya pelunasan bipih hingga batas waktu yang ditentukan, oleh pemerintah tegas dr Drs H.Muhammad Thambrin M.Mpd kembali di buka dan diperpanjang hingga tanggal 12 Mei 2023.

Untuk itu bagi jemaah calon haji Kalimantan Selatan diminta,sesegeranya melakukan pelunasan bipih. Kemudian akan didata oleh masing" Kamenag Kabupaten/kota. Sedangkan di Kanwil Kamenag melalui Bidang PHU sifatnya mengkoordinir, ujar Thambrin.

Disinggung masih belum terpenuhinya pelunasan bipih dan  diperpanjang Thamrin bersumsi ada 3 faktor. Ke 3 faktor tersebut diantaranya keterbatasan anggaran, pisah mahram dan lansia tanpa pendamping.

Thambrin optimis pelunasan bipih pada musim haji tahun ini hingga batas akhir akan terpenuhi full 100 persen.

Terkait jemaah calon haji lansia tanpa pendamping menurutnya karena Kemenag telah menetapkan azas berkeadilan. Kemudian perlu diketahui penetapan jch lansia untuk tahun ini batas minimal usia 82 tahun keatas, pungkas Thamrin..

jurnalis : hafrud

Red.      : hafrud

0 Komentar