KALSEL EXPO 2023, Resmi Di Buka Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor

Banjarbaru, Mediapublik.Com

Kalsel Expo 2023 adalah event tahunan dalam rangka rangkaian acara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Selatan ke-73.  Kalsel Expo 2023 resmi dibuka dengan ditandai  pengguntingan untaian melati oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Rabu (30/8/2023) sore.

Di awal acara di sambut dengan tarian radap-rahayu dari sanggar tari Idaman Banjarbaru, tanda ucapan selamat datang kepada tamu undangan.  Penari menaburkan bunga atau beras kuning sebagai ucapan selamat datang atau do'a agar selalu diberikan keselamatan dan keberkahan.

Ketua Penyelenggara Kalsel Expo 2023, Plt.Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Nurul Fajar Desira dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan Expo adalah untuk memberikan gambaran hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah, untuk mempromosikan produk-produk unggulan dan proteksi daerah, untuk membantu UMKM membuka jaringan pasar nasional maupun global, memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa Kalsel Babusalam pintu gerbang keselamatan dan perdamaian bagi ibukota nasional, dan Geopark Meratus sedang menuju pengakuan UNESCO.

Kalsel Expo 2023 berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 3 September 2023 di lapangan Murdjani Banjarbaru, buka setiap hari dari jam 10.00 pagi hingga jam 22.00 WITA malam.

Peserta Kalsel Expo 2023 berjumlah 251 stand, meningkat lebih dari 10 persen dari tahun yang lalu.

Peserta terdiri dari Dinas Lingkup pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel, instansi pusat,  pemerintah provinsi di luar Kalsel dalam hal ini diwakili oleh provinsi Jawa Barat. Lebih istimewa lagi ada peserta luar negeri dari perusahaan Belanda bidang sanitasi makanan.

Kegiatan Kalsel Expo 2023 digelar bermacam hiburan setiap hari, lomba-lomba musik dan tari budaya Kalsel. Di akhir acara penutupan akan menghadirkan artis ibukota Mario G.Klaw, demikian Nurul Fajar dalam sambutannya.

Pembukaan Kalsel Expo dihadiri ketua DPRD Kalsel atau yang mewakili, Forkopimda Provinsi Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101 Antasari, DanLanud Syamsuddin Noor Banjarmasin, pengadilan tinggi, Kajari, instansi vertikal dan tamu undangan lainnya.

Kalsel Expo 2023 tidak hanya sebuah pemandangan yang berlebihan tentu ada manfaat lebih besar sesuai dengan tujuan kegiatan Kalsel Expo 2023 yang telah disampaikan oleh ketua Kalsel Expo 2023 yang telah kita simak bersama.

Wilayah Kalsel dengan sumberdaya alamnya yang luar biasa dan penduduk berbudaya dan berbudi luhur karena sangat layak jadi Geopark internasional. Kita siap menerima tamu yang datang dari berbagai profesi karena tamu adalah raja, demikian Sahbirin Noor dalam sambutan.

Usai sambutan Gubernur menuju pintu gerbang Kalsel Expo 2023 untuk memotong untaian bunga melati sebagai tanda dibukanya Kalsel 2023 dan dilanjutkan mengunjungi stand-stand Kalsel Expo 2023 yang didampingi pejabat lainnya. (Hart/MP.Com)

0 Komentar