Dinas Pertanian Tapin Tanam Padi Surung Di Desa Sukaramai

RANTAU ; Mediapublik.com

Pemerintahan Kabupaten Tapin melalui Dinas Pertanian tanam padi surung dalam rangkaperluasan tanam (Non Existing) gerakan nasional penanggulangan dampak El Nino, bertempat di desa Suka Ramai, Kecamatan Tapin Tengah, Senin (26/10).

Seperti yang diutarakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Drh  M Tri Asmoro, tanam padi surung dalam rangka mendukung gerakan nasional (Gernas) perluasan tanam padi di  Kabupaten Tapin yang dimulai dengan gerakan tanam padi surung yang dipusatkan di desa Sukaramai, Kecamatan Tapin Tengah.

"Tanam padi surung ini untuk menyongsong datangnya musim hujan, kita tanam padi surung sekarang, diperkirakan 5 bulan lagi akan panen, yang diharapkan bisa menyediakan kebutuhan gabah nasional," ujarnya.

"Luas tanam ditargetkan seluas 1.000 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan di Tapin seperti kecamatan Tapin Tengah, Kecamatan Bakarangan, Kecamatan CLS dan Kecamatan CLU," tambahnya.

Sementara itu Rifki Hidayatullah SP Kepala Bidang Tanaman Pangan menambahkan, acara tanam di isi dengan beberapa rangkaian acara, salah satunya berdialog untuk memberikan kesempatan kepada warga menyampaikan permohonan dan aspirasi untuk disampaikan.

Beberapa keinginan petani diantaranya  mengusulkan mengusulkan bantuan traktor roda empat, jembatan dan Surjan." ujarnya.

"Keinginan petani sudah disampaikan dalam bentuk proposal yang diterimakan  Dinas Pertanian Provinsi dan  dinas pertanian kabupaten Tapin sebagai bahan tindak lanjut untuk bisa dianggarkan tahun 2024," tambahnya.

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan dari Kementerian Pertanian sebesar kurang lebih 3 Milyar untuk beberapa program pertanian di Tapin, berupa program bantuan benih, bantuan obat - obatan dan bantuan sarana dan prasarana.

"Serta diserahkan bantuan dari dinas pertanian provinsi Kalsel yang bersumber dari APBD provinsi sebesar kurang lebih 1 Milyar untuk mendukung kegiatan pertanian di kabupaten Tapin dan bantuan dari kabupaten Tapin sendiri  berupa bantuan pestisida untuk pengendalian organisasi pengganggu tanaman (OPT) serta bantuan bahan pokok sekedarnya untuk membantu warga desa Sukaramai," tutupnya.

Tanam padi surung dihadiri asisten ekonomi dan pembangunan H Errani Martin SKM, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Syafrudin SIP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Drh Tri Asmoro, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riza Ramadie SE MM dan perwakilan Forkopimda serta Muspika Kecamatan setempat..(Arsyad Tapin)

0 Komentar