Bazar Kewirausahaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SDN Rakisa

RANTAU ; Mediapublik.com

SDN Rantau Kiwa 1 (Rakisa) menggelar Bazar Kewirausahaan yang diikuti seluruh siswa - siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 yang dipusatkan di halaman sekolah Rakisa 1, Selasa (28/11).

Seperti yang diutarakan Hj Siti Jamidah SPd MM, sebagai bentuk aksi nyata anak - anak  dalam mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila, dengan mengambil tema "Kewirausahaan", kegiatan bazar kewirausahaan adalah bentuk nyata anak - anak, bagaimana cara mereka belajar berniaga.

"Walau bukan tujuan utama penilaian, dimana tujuan utama penilaian adalah sikap dan karakter yang didalamnya terdapat kebersamaan dan kegotongroyongan dari P5. Bazar ini menampilkan hasil karya anak - anak Rakisa dari kelas 1 sampai kelas 6," kata Hj Siti Jamidah kepada awak media.

Hj Siti Jamidah mengungkapkan, sesuai tema yang mereka usung atau topik dari projek penguatan profil pelajar Pancasila, anak - anak akan menampilkan hasil karya sesuai dengan topik atau tema yang mereka pilih.

Mereka yang mengambil Tema "Buah Ku, Kegemaran Ku", mereka menyajikan salad buah, sup buah, pencok dan sebagainnya, sesuai dengan tema yang diambil.

"Seperti Tema "Pemanfaatan Sayur Bayam," dari siswa kelas II, mereka membuat keripik dari sayur Bayam," paparnya.

Di tambahkan Hj Siti Jamidah, menampilkan berbagai kerajinan aneka kuliner, makanan dan minuman, dalam bazar juga ditampilkan kreativitas anak kelas 3 sebelum kurikulum merdeka, dimana mereka membuat baju kaos batik Eco Print yang merupakan jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarnaan alami  dari zat warna daun, akar atau batang yang diletakkan pada sehelai kain kemudian direbus, sehingga menghasilkan motif dan pola yang unik dan organik.

Hasil batik dengan teknik Eco print melalui percetakan daun dan bahan alaminya pada daun berhasil menciptakan gambar - gambar alami yang indah, berbeda dari batik tradisional yang ikut di pamerkan dalam bazar kewirausahaan SDN Rakisa.,(Arsyad Tapin)

0 Komentar