Kabupaten Tapin dan Dua Perusahaan Pendapat Penghargaan Proklim

RANTAU Mediapublik.com

Tujuan diberikan penghargaan proklim untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. Program didalamnya berupa mitigasi dan adaptasi terhadap lingkungan dan bentuk kegiatannya adalah penanggulangan bencana, peningkatan pangan masyarakat didesa, energi terbarukan dan berbagai kegiatan lainnya untuk mendukung penurunanan emisi gas rumah kaca untuk menurunkan pemanasan global.

Demikian apa yang disampaikan Kepala Dinas LH Ir H Nordin MS usai menerima penghargaan proklim di Banjarmasin, baru - baru tadi.

Atas penghargaan kepada pemerintah daerah sebagai pembina kampung iklim dan penghargaan kepada dua perusahaan sebagai mitra kampung iklim, kita tentunya bangga atas penghargaan yang diberikan.

Apresiasi dan ucapan selamat juga kita berikan kepada PT BRE dan PT AGM yang telah mendapat penghargaan sebagai perusahaan mitra kampung iklim didaerahnya.

"Kita berharap dan menghimbau perusahaan - perusahaan kedepannya untuk terus membina desa - desa sekitar guna mendorong terbentuknya kampung iklim di Kabupaten Tapin," ujarnya.

Seperti yang diutarakan H Nordin, pembentukan kampung iklim tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Kita berharap PT.AGM dan PT.BRE terus membina desa - desa sekitar perusahaan untuk mendorong terbentuknya kampung iklim, sehingga kegiatan ini juga bisa diikuti perusahaan lain," tambahnya.

Saat sudah ada 42 kampung iklim yang sudah terbentuk dan tersebar di sejumlah desa dan beberapa Kecamatan di Kabupaten Tapin. Oleh karena itu kita mengajak kepada perusahaan - perusahaan lainnya untuk bisa ikut mewujudkan kampung iklim di kabupaten Tapin," tambahnya.

"Dan untuk mendapatkan penghargaan serupa, perusahaan minimal membina 10 kampung iklim di daerah sekitar," imbuhnya.

Sementara itu Zulkifli Muhtar Corporate Affairs Section Head  PT.BRE mengatakan, saat ini sudah ada 12 desa yang dibina yang  sejak tahun 2021 dan Alhamdulillah kita sudah mendapatkan 3 kali penghargaan kampung iklim.

"Target kedepan kita ingin mendapatkan penghargaan Proklim Lestari untuk Desa Bitahan Baru," ucapnya.

Ia menambahkan, ada 11 desa yang telah dibina dan di tahun ke 3 ini  kita mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalsel sebagai mitra kampung iklim dan mudah - mudahan kami bisa dapat penghargaan dari Kementrian.

Dua penghargaan yang diraih masih kategori proklim Utama, karena harus 2 tahun dulu pembinaan baru bisa maju Lestari. Mudahan tahun depan sesuai rencana, salah satu desa binaan kami bisa dapat proklim Lestari," paparnya...(Arsyad)

0 Komentar