Ormas Perempuan dan Disabilitas Badan Ikuti Sosialisasi Pemilu

RANTAU : Mediapublik.com

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tapin melaksanakan sosialisasi pemilu tahun 2024 bagi Ormas perempuan dan sahabat disabilitas di kabupaten Tapin, bertempat di Gedung Hammy Rantau, Rabu (14/12).

Seperti yang diutarakan Hj Aulia Ulfah, karena penyandang disabilitas juga mempunyai hak pilih dan hak suara dalam pesta demokrasi nanti,  melalui sosialisasi ini kita mengajak seluruh ormas perempuan dan penyandang disabilitas untuk ikut memeriahkan pesta demokrasi nanti dan kegiatan sosialisasi salah satu upaya kita dalam meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas untuk datang ke TPS.

"Sebagaimana kita ketahui, penyandang disabilitas kerap menemui kendala dalam menjalankan haknya, untuk itu pemerintah bertanggung jawab memenuhi hak politik tanpa diskriminasi dan hak memperoleh fasilitas serta perlakuan khusus bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam menggunakan hak pilihnya," tandasnya.

Dikatakan Hj Aulia Ulfah tujuan sosialisasi dalam rangka mengajak organisasi perempuan dan sahabat Disabilitas bisa mengetahui bagaimana tahapan - tahapan pemilu dan bagaimana cara memilih agar menjadi pemilih cerdas dan berkualitas.

"Kita berharap dari sosialisasi ini seluruh peserta nantinya bisa mengajak masyarakat lainnya bagaimana menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas," tambahnya.

Widy Handayani menambahkan, dalam undang - undang Pemilu No.7 tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan tentang persamaan kesempatan adalah kondisi yang memberikan kesempatan atau akses kepada penyandang disabilitas. Oleh karena itu sosialisasi ini penting dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada penyandang disabilitas dan ormas perempuan dalam menggunakan hak pilihnya.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini para penyandang disabilitas dan Ormas perempuan dapat mengerti mengenai tatacara pencoblosan serta  mengakomodir hak penyandang disabilitas mengikuti pemilu nanti." Ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh kepala Badan Kesbangpol Tapin Hj Aulia Ulfah SE MM dan dihadiri Widy Handayani Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas serta narasumber Mahrunadi Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan serta Narasumber dan Komisioner Bawaslu Tapin....(Arsyad)

0 Komentar