Sekda Tapin Buka Musyawarah RKPD Kecamatan Piani dan Lokpaikat

RANTAU : Mediapublik .com

Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD, merupakan musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah - langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.

Sehingga tujuan Musrenbang RKPD adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Demikian apa yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Dr H Sufiansyah MAP saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD kecamatan Lokpaikat dan Piani, bertempat di aula kantor kecamatan Piani, Rabu (21/02).

Seperti yang dikatakan H Sufiansyah, selain tujuan diatas, dilaksanakan Musrenbang juga untuk menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam kegiatan prioritas pembangunan desa serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SOPD yang diklarifikasi berdasarkan urusannya.

Karena itu kita berharap kegiatan Musrenbang ini akan memberikan pemahaman terhadap tahapan - tahapan yang diperlukan dalam penyusunan dan pembahasan RKPD sampai RAPBD yang selaras dengan program prioritas pembangunan kabupaten Tapin.

"Semoga Musrenbang ini menghasilkan program kerja yang akan meningkatkan taraf hidup masyarakat kita," tandasnya.

Ditambahkan Sekda Tapin H Sufiansyah, dengan dilaksanakannya Musrenbang kecamatan dimana setiap desa telah menyampaikan usulan prioritas pembangunan pada masing - masing desanya sehingga  diketahui apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat kita di desa.

Karena banyaknya usulan - usulan yang disampaikan dari kecamatan, kita meminta pihak kecamatan kembali melakukan koordinasi agar tidak terjadi tumpang tindih dengan rencana kegiatan di SOPD.

"Kepada SOPD juga diharapkan bisa berkordinasi dengan SOPD lainnya agar tidak terjadi tumpang tindih program pembangunan," ujarnya...(Arsyad)

0 Komentar