" Pelayanan calon jemaah haji 2024 di embarkasi asrama haji Landasan Ulin Banjarbaru dioptimalkan "

Mediapublik.com Banjarmasin.

Calon jemaah haji (chj) pada musim haji 2024 asal Kalimantan Selatan dan Tengah untuk kelompok terbang (keloter) pertama diberangkatkan pada tanggal 12 mei 2024 sehari sebelumnya sudah masuk diembarkasi asrama haji.

Jumlah cjh seluruhnya berjumlah 5.759 orang meliputi Kalimantan Selatan 4.071 dan Kalimantan Tengah 1688 orang, dengan jumlah 19 kloter dan 18 kloter secara utuh 1 kloter gabung daerah lain.

Kepala UPT Asrama haji Landasan Ulin Banjarbaru Drs.H.Haris Fadilah dikonfirmasi mediapublik.com diruang kerjanya terkait persiapan menyatakan hampir 95 persen telah siap, kamis (25/4/24).

Menurut Haris persiapan untuk menyambut tamu" Allah tersebut terkait sarana dan prasarana termasuk akomodasi telah siap.

Selain itu juga area menasik, aula, lingkungan dan sanitasi serta kebersihan pada dasarnya telah siap. Tinggal menunggu evaluasi terakhir dari kkp tanggal 2 mei 2024 nanti, setelah itu baru dinyatakan pelayanan rampung 100 persen.

Disinggung masalah air bersih Haris menambahkan masih menjadi kendala. Karena area asrama haji berada didataran cukup tinggi sehingga air dari PDAM kecil dan lambat mengalir 

Mengatasi didalam kecukupan air terhadap para jemaah calon haji selama berada diasrama haji, pihaknya membuat sumur bor dengan sistem pdam mini dan air cukup jernih hanya untuk keperluan mandi".

Sedangkan untuk dikosumsi pihaknya membeli air dari luar dengan menggunakan galon.

Haris menambahkan, sudah beberapa tahun terakhir ini pihak keluarga pengantar tidak dibolehkan ke asarama haji, cukup terpusat dan diatur oleh Pemda masing" Terkecuali mengantar barang cjh yang tertinggal itupun urgen seperti obat, dan harus melapor pada pos penjagaan depan asrama, ujar Haris...(hafrud)


Editor : Mahdi 

0 Komentar